Suwarno Yoseph-PKn
Tetap semangat dalam berkarya
 
 
 

Komentator

 

Pengunjung

21489
 

SILA-SILA PANCASILA SUATU KEBULATAN

Pancasila adalah dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Pancasila terdiri dari 5 sila yang satu dengan sila yang lain saling terkait. Kesalingterkaitan tersebut tergambar dalam suatu piramidal. Sila pertama Ketuhanan yang maha esa menjadi dasar bagi keempat sila yang lain. Sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradap didasari oleh sila pertama dan mendasari sila ketiga, keempat dan kelima. Sila ketiga, Persatuan Indonesia didasari sila pertama dan kedua dan mendasari sila keempat dan kelima. Sila keempat, Kerakyatan ya ng dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan didasari oleh sila pertama , kedua dan ketiga dan mendasari sila kelima. Sila kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia didasari oleh sila pertama, kedua, ketiga dan keempat. Sila kelima ini tidak mendasari sila yang lain.

Dalam kehidupan sehari hari dapat dimaknai bahwa setiap orang harus beriman kepada Tuhan sumber kehidupan. Keimanan tersebut dapat muncul dalam bentuk yang sangat sederhana bahkan primitif dalam suatu kepercayaan sampai yang modern dengan memeluk suatu agama tertentu.ini adalah wujud sila pertama. Orang yang beriman mendalam tentu dalam praktik kehidupan terwujud dengan bergaul dengan sesamanya. Saling menghormati sesama sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Kita saling menghormati sesama didasari oleh martabat kemanusiaannya. Satu dengan yang lain saling melengkapi dan menyempurnakan. Maka sudah semestinya saling bekerjasama. Rasa kemanusiaan yang kuat inilah yang kemudian mewujudkan persatuan dari beberapa orang, satu keluarga, marga sampai persatuan sebagai satu bangsa dalam bernegara. itulah sila ketiga Persatuan Indonesia.Sebagai satu kesatuan satu keluarga itulah yang menumbuhkan semangat berbagi suka dan duka. Kalau ada suatu masalah menjadi masalah bersama dipecahkan bersama. semua berani duduk bersama untuk mencari solusi terbaik. Setiap anggota saling menyumbangkan gagasannya demi kebaikan bersama. Suasana berbagi dan duduk bersama inilah merupakan wujud sila keempat. 

Dengan berani duduk dan berembug bersama maka semua masalah bisa diselesaikan, ada jalan keluarnya yang muaranya untuk kebaikan bersama demi kesejahteraan bersama. Karena masing-masing memberikan sumbangan yang terbaik bagi sesamanya akhirnya mereka juga merasakan hasilnya. Keadaan inilah yang dirasakan sebagai suatu keadilan. Jadilah yang disebut sila kelima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itulah salah satu cara memaknai kesatuan dan kebulatan sila-sila Pancasila,

Inilah suatu nilai yang sangat kuat untuk landasan membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta. Masih ragukah dengan kehebatan Pancasila? Masihkah ada yang ingin mengganti Pancasila yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sendiri? 

Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]
 

Pengumuman PPMB

 

Artikel Popular

  • Menyambut Kurikulum 2013
    Guru - 03-02-2013 23:38:18  (1)
  • Kebangkitan Nasional
    Nasionalisme - 19-05-2012 11:01:51  (1)
  • Materi Bangsa dan Negara
    PKn - 08-09-2011 13:05:06  (1)
  • Selamat Datang
    Umum - 30-05-2011 09:32:04  (1)
 

Komentar Terbaru

 

Artikel Terbaru

 
Home | Profil | Pengumuman

Copyright © 2011 Unair | Designed by Free CSS Templates